PENERAPAN STEGANOGRAFI PADA MP3



Steganografi berasal dari bahasa Yunani yaitu Steganós yang berarti menyembunyikan dan Graptos yang artinya tulisan sehingga secara keseluruhan artinya adalah tulisan yang disembunyikan. Secara umum steganografi merupakan seni atau ilmu yang digunakan untuk menyembunyikan pesan rahasia dengan segala cara sehingga selain orang yang dituju, orang lain tidak akan menyadari keberadaan dari pesan rahasia tersebut.
Steganografi sudah digunakan sejak dahulu kala sekitar 2500 tahun yang lalu untuk kepentingan politik, militer, diplomatik, serta untuk kepentingan pribadi sebagai alat.
2.      Aplikasi MP3Stegz
MP3Stegz adalah software yang dapat digunakan untuk meyembunyikan pesan dalam MP3. Produk ini dapat digunakan secara bebas, namun terdapat beberapa kelemahan dari produk ini karena hanya merupakan program bebas yang belum disempurnakan. Keberadaan program ini ditujukan oleh pembuat hanya untuk membuktikan bahwa steganografi dalam MP3 dapat dilakukan. Cara untuk mengaplikasikan steganografi pada file audio terdiri dari beberapa cara yang lazim digunakan, antara lain dengan cara mengganti atau menambahkan bit.
Menyembunyikan pesan melalui teknik echo. Teknik menyamarkan pesan ke dalam sinyal yang membentuk echo. Kemudian pesan disembunyikan dengan memvariasikan tiga parameter dalam echo yaitu besar amplitude awal, tingkat penurunan atenuasi, dan offset. Dengan adanya offset dari echo dan sinyal asli maka echo akan tercampur dengan sinyal aslinya, karena sistem pendengaran manusia yang tidak memisahkan antaha echo dan sinyal asli.
Keempat metode di atas memiliki kesamaan yaitu menggunakan kelemahan dari sistem pendengaran manusia. Maka dari itu teknik steganografi dalam MP3 juga akan menggunakan kelemahan ini untuk menyembunyikan pesan. MP3Stegz dapat digunakan untuk steganografi audio.

4.      Cara Kerja MP3Stegz
Cara kerja dari program ini adalah MP3 adalah kompresi yang bersifat menghilangkan data-data yang tidak signifikan bagi pendengaran manusia, maka dari itu program ini menggunakan keuntungan itu dengan tidak menghilangkan seluruh data yang redundant, melainkan digantikan dengan pesan yang akan dimasukan. MP3Stegz tidak dapat menampung pesan yang memiliki ukuran besar, karena besarnya ditentukan dari besar frame MP3 dimana setiap frame hanya dapat menampung 1 bit saja.



Gambar 1 Proses Embedding



Gambar 2 Hasil Embedding

 



Hasil Retrieving
penyembunyian file ke dalam mp3 dan juga pengembalian atau mendapatkan kembali file teks dari mp3 dengan menggunakan mp3stegz. Pengujian yang dilakukan adalah penyembunyian file-file yang kapasitasnya tidak melebihi kapasitas file mp3nya.
Gambar 2 adalah hasil dari pengujian Embedding atau peyembuntuian file teks ke dalam mp3 menggunakan MP3Stegz. Pengujian hidden file dengan aplikasi ini menggunakan MP3Stegz yaitu file yang digunakan sebagai media audio adalah MP3 dan kapasitas yang digunakan harus lebih besar dibandingkan dari file yang di hidden. Seperti di gambar 1.
Sedangkan gambar 4 adalah hasil dari retrieving atau pengembalian yaitu kebalikan dari proses embedding. Setelah pesan disembunyikan ke dalam mp3 maka dapat di kembalikan lagi dengan ketentuan password yang dimasukkan harus sesuai dengan password pada proses embedding. Seperti terlihat pada gambar 3.
 

No comments:

Post a Comment